kekurangan omnichannel digital marketing

 

kekurangan omnichannel digital marketing

 

Dibalik kemudahan, ternyata terselip beberapa kekurangan Omnichannel yang harus dipertimbangkan bagi pemilik usaha sebelum melakukan adaptasi. Pengetahuan tersebut bisa dipertimbangkan sebagai kemampuan dalam pengembangan bisnis kedepannya dan adaptasi konsumen setelah adaptasi teknologi Omnichannel. Setelah mengetahui apa itu omnichannel marketing, ada baiknya kita juga tahu kekurangan strategi ini.

Contents

Kekurangan Omnichannel

Setiap kemudahan yang diberikan memang menjadi daya tarik tersendiri, tetapi pemilik usaha harus memahami apa saja kekurangan Omnichannel agar dapat beradaptasi dengan mudah. Sebelum memilikinya, ketahui bagaimana persiapan dalam menangani kekurangan yang kemungkinan bisa terjadi dalam jangka ke depan.

1. Banyak channel sosial media

Omnichannel dikenal dengan integrasi yang mudah hanya melalui satu aplikasi. Kemudahan dari banyak channel sosial media, bisa menjadi keuntungan dalam meraih konsumen dengan mudah. Tetapi kekurangan lainnya yaitu pemilik usaha harus melakukan adaptasi terkait channel dengan ciri khas tersendiri. Cara promosi juga harus berbeda agar segmen semakin tepat sasaran.

2. Ancaman dari kompetitor

Ancaman dari kompetitor yang dilakukan dengan kegiatan Omnichannel melalui gadget bisa menjadi ancaman bagi pemilik usaha. Hal itu dapat terjadi karena kemudahan dalam mengetahui harga barang dan bisa dibandingkan dengan barang lainnya yang lebih murah. Kompetitor menarik perhatian konsumen hanya melalui kelebihan harga yang murah. Cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan adalah QR yang digunakan untuk melihat situs web.

3. Perubahan pada struktur organisasi

Pada penerapan Omnichannel harus melakukan perubahan struktur dari organisasi yang lama dengan pemasaran secara online melalui adaptasi secara cepat. Sehingga harus memahami bagaimana bagian-bagian dari organisasi yang bekerja secara tim dengan tugas pekerjaannya tersendiri. Seperti tim kerja untuk membalas chat. Pemilik usaha harus menyediakan beberapa struktur organisasi baru yang dilakukan dari offline ke online.

4. Biaya besar

Kekurangan Omnichannel bisa terlihat dari banyaknya integrasi yang dimiliki. Sehingga perusahaan harus memahami bagaimana pemrograman untuk website, memahami teknologi yang popular beserta perangkat lunaknya, dan memahami sistem keamanan agar data yang dimiliki tidak mudah bocor. Hal itu perlu dipertimbangkan bagi usaha yang baru memulai atau bisnis dengan skala yang kecil.

Kekurangan Omnichannel memang tidak sebanyak kelebihannya. Tetapi pemilik usaha harus mengetahui hal tersebut agar memiliki persiapan sebelum implementasi. Tujuannya untuk menjaga usaha lebih stabil dalam penanganan dan perkembangan dengan teknologi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *