strategi omnichannel marketing

strategi omnichannel marketing

 

 

Strategi Omnichannel adalah suatu cara untuk meningkatkan penjualan yang bisa dilakukan pemilik usaha melalui online. Hal itu tentu menguntungkan jika memahami Omnichannel sebagai strategi marketing lintas platform dalam meningkatkan brand awareness kepada konsumen dengan tepat. 

Strategi Omnichannel

Ada 5 strategi Omnichannel yang perlu diperhatikan untuk menjalankan marketing dalam meningkatkan penjualan pada UMKM maupun usaha yang sudah besar. Sehingga pada strategi yang dijalankan bisa tepat mengarah kepada konsumen yang sesuai.

1. Mencoba kemudahan untuk konsumen

Strategi Omnichannel yang pertama adalah mempermudah konsumen dalam berbelanja dengan melakukan integrasi. Sehingga konsumen bisa memilih barang yang diinginkan dengan mudah melalui aplikasi. Kemudahan tersebut bisa memberikan pengalaman baru kepada konsumen saat melihat dan melakukan proses pembayaran hanya dari gadget. Kemudahan bisa dilakukan dengan cara melihat produk, memesan, dan membayarnya hanya melalui ketikan gadget.

2. Melakukan personalisasi

Setiap usaha yang sedang dijalankan pasti ingin memiliki brand yang semakin dikenal oleh konsumen dengan cara yang mudah. Adanya integrasi platform yang dimiliki, membuat konsumen lebih mudah mengingat dan melakukan brand recall pada merek usaha yang menarik baginya. Sehingga akan meningkatkan kepercayaan kepada konsumen sebagai pilihan utama. Dalam Omnichannel yang brand bisa melakukan personalisasi atau pengenalan bran dengan mudah melalui banyak platform yang sudah digunakan melalui gadget dan sosial media.

3. Meningkatkan kepercayaan

Kemudahan dari yang diberikan oleh pemilik brand ternyata bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dengan mudah. Sebab pengalaman yang dimiliki bisa meningkatkan loyalitas yang diharapkan konsumen dari semua platform.

4. Memahami pelanggan 

Dalam melakukan strategi Omnichannel yang perlu dilakukan adalah memahami apa yang diinginkan dari pelanggan. Sehingga banyak hal yang harus diketahui melalui pengenalan brand maupun lintas strategi yang sedang digunakan saat ini. Kegiatan yang bisa dilakukan untuk memahami pelanggan adalah dengan melakukan uji coba secara internal maupun eksternal sebagai validasi pengalaman yang diharapkan konsumen.

5. Memahami segmen

Segmen konsumen dilakukan untuk memperjelas cara personalisasi dan kemudahan yang diharapkan dari pengalaman yang dialami. Sehingga segmen sangat diperlukan untuk melakukan branding agar lebih tepat. Selain itu pahami bagaimana metrik yang sedang dilakukan pada strategi marketing untuk melihat keberhasilannya dan apa yang perlu diubah.

Dalam mengetahui strategi Omnichannel pemilik brand harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek. Kesadaran tersebut dilakukan dengan cara kemudahan dan loyalitas dari konsumen yang harus dijaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *