Apa yang dimaksud dengan pempek dos?

Pempek dos (atau biasa disebut pempek kapal selam) adalah salah satu jenis hidangan khas Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Pempek dos terkenal karena bentuknya yang unik, yaitu bulatan yang berongga di tengahnya seperti kapal selam.

Bahan utama dalam pembuatan pempek dos adalah daging ikan yang dihaluskan, tepung sagu, dan beberapa bumbu seperti garam, bawang putih, dan merica. Semua bahan tersebut dicampur hingga menjadi adonan yang kental dan kenyal. Kemudian, adonan tersebut dibentuk menjadi bulatan besar dengan rongga di tengahnya, menyerupai kapal selam.

Pempek dos biasanya disajikan dengan kuah cuko, yaitu saus pedas yang terbuat dari gula merah, asam jawa, cabai, bawang putih, dan beberapa bumbu lainnya. Cuko memberikan rasa asam, manis, dan pedas yang menyegarkan saat dicampur dengan pempek.

Pempek dos dapat dinikmati sebagai hidangan utama atau camilan. Hidangan ini umumnya disajikan dengan tambahan telur pindang dan irisan ketimun segar untuk memberikan variasi tekstur dan rasa.

Pempek dos memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal. Hidangan ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kaya, karena merupakan salah satu warisan kuliner dari daerah Palembang.

Contents

Bahan-bahan Pempek Apa Saja?

Berikut adalah bahan-bahan umum yang digunakan dalam pembuatan pempek tradisional:

Ikan

Pempek biasanya menggunakan jenis ikan yang memiliki daging yang lunak dan tidak terlalu berlemak, seperti ikan tenggiri atau ikan belida. Dalam beberapa variasi pempek, ikan dapat diganti dengan udang atau cumi-cumi.

Tepung Sagu

Tepung sagu merupakan bahan utama yang memberikan tekstur kenyal pada pempek. Tepung sagu biasanya digunakan dalam jumlah yang cukup besar dalam adonan pempek.

Tepung Terigu

Tepung terigu digunakan sebagai bahan pengikat dalam adonan pempek. Ini membantu menjaga kekenyalan dan bentuk pempek saat dimasak.

Bawang Putih

Bawang putih digunakan sebagai bumbu untuk memberikan aroma dan rasa pada pempek. Bawang putih dihaluskan dan dicampurkan langsung ke dalam adonan.

Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa pada pempek. Jumlah garam dapat disesuaikan dengan selera pribadi.

Merica

Merica bubuk bisa ditambahkan untuk memberikan sedikit kehangatan pada pempek, meskipun ini bersifat opsional dan bisa dihilangkan jika tidak diinginkan.

Air

Air digunakan untuk mencampurkan bahan-bahan menjadi adonan pempek. Jumlah air yang dibutuhkan bervariasi tergantung pada kekentalan adonan yang diinginkan.

Selain bahan-bahan di atas, ada variasi pempek yang menggunakan bahan tambahan seperti telur, tepung beras, atau bahan pengikat lainnya. Selera dan resep pempek dapat bervariasi di setiap daerah, sehingga ada variasi dalam penggunaan bahan-bahan.

pempek dos

Buat kalian yang ingin mencicipi pempek dos yang gurih dan nikmat tanpa ikan, bisa banget membelinya di Kedai Teh Poci EONNI yang berlokasi di Jl. Cokroaminoto 116 Kec Wajak Kabupaten Malang.

Harganya cukup terjangkau ya, ada porsi mini yaitu 8,000 /porsi atau porsi jumbo yaitu 12,000 /porsi

Kuah cukonya enak dan tidak terlalu manis, pas banget lah pokoknya untuk dimakan bersama pempek dos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *