Sudah Beli Ayam? Begini Cara Penyimpanannya agar Tahan Lama

 

Setelah beli ayam, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengolahnya langsung atau menyimpannya terlebih dahulu. Jika memilih menyimpannya terlebih dahulu, maka kamu harus memperhatikan cara menyimpan daging ayam agar tahan lama.

Oleh karena itu, setelah beli ayam pastikan menyimpan dengan cara yang benar. Daging ayam disarankan untuk disimpan dalam kulkas secara terpisah dari makanan-makanan matang. Cara ini bisa membuat daging ayam tahan lebih lama dan masih dalam keadaan segar.

Sudah Beli Ayam? Begini Cara Penyimpanannya agar Tahan Lama

Berikut ini cara menyimpan daging ayam agar tahan lama. Pastikan mengikuti cara berikut setelah beli ayam agar tetap dalam keadaan segar.

1. Simpan daging ayam pada suhu di bawah lima derajat celcius

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan daging ayam mentah di kulkas pada suhu lima derajat celcius. Suhu di bawah lima derajat celcius akan membuat bakteri cenderung berkembang lebih lama sehingga memperlambat kerusakan daging ayam.

Daging ayam yang disimpan dalam kulkas harus segera diolah dalam kurun waktu 48 jam atau satu hingga dua hari untuk memastikan daging tersebut masih aman dimakan. Jika disimpan dalam keadaan matang, maka daging ayam bisa bertahan hingga empat hari.

Apabila daging ayam disimpan di kulkas melebihi waktu tersebut, maka kemungkinan besar daging tersebut mulai membusuk. Pembusukan ini ditandai dengan perubahan warna, tekstur, dan bau.

2. Simpan daging ayam di freezer untuk penyimpanan lebih lama

Jika ingin menyimpan daging ayam lebih lama lagi, maka kamu bisa menyimpannya dalam freezer. Simpan ayam dalam freezer dengan suhu di bawah minus 20 derajat celcius. Nah, ayam mentah yang sudah dipotong dapat bertahan selama sembilan bulan.

Sedangkan, ayam mentah utuh dapat dibekukan dan bertahan hingga satu tahun. Sementara itu, ayam yang sudah dimasak dapat bertahan selama dua hingga enam bulan. Apabila ingin memasaknya, cukup dengan memanaskannya dalam oven microwave agar ayam yang telah dimasak bisa segera cair.

3. Menggunakan wadah tertutup

Apabila ingin menyimpan daging ayam di kulkas, maka bungkus daging tersebut menggunakan plastik atau wadah tertutup terlebih dahulu. Hal ini memiliki tujuan menghambat aroma daging mentah agar tidak memengaruhi makanan lain yang ada dalam kulkas.

Selain itu, untuk mencegah adanya sari daging ayam menetes ke makanan lain. sebab, apabila sari daging ayam menetas bisa sangat berbahaya apalagi jika mengenai produk yang langsung dikonsumsi tanpa melalui proses dimasak terlebih dahulu seperti buah-buahan.

4. Simpan daging ayam di rak bawah kulkas

Menyimpan daging ayam dalam kulkas sebaiknya diletakkan pada rak bawah kulkas. Selain itu, jangan lupa untuk membungkus atau menaruh daging ayam di wadah tertutup untuk menghindari sari daging menetes ke makanan lain.

Apabila disimpan dalam rak bawah, risiko mengenai makanan lain akan semakin berkurang. Sehingga makanan lain tidak terkontaminasi sari daging ayam.

Itulah cara menyimpan daging ayam agar lebih tahan lama. Pastikan setelah beli ayam, simpan daging tersebut dalam kulkas untuk menghindari proses pembusukan yang lebih cepat. Pastikan juga mengikuti cara di atas agar makanan lain dalam kulkas tidak ikut terkontaminasi.

Nah, untuk mendapatkan daging ayam segar berkualitas, kamu bisa membelinya di tempat yang sudah terpercaya. Salah satunya adalah dengan beli ayam di aplikasi Sayurbox.

Sayurbox merupakan salah satu aplikasi online grocery yang menyediakan berbagai kebutuhan dapur mulai dari sayur segar hingga daging ayam. Dengan belanja online di Sayurbox kamu cukup pesan via smartphone saja dan tak perlu repot keluar rumah.

Harganya terjangkau, pilihan metode pembayaran lengkap, dan pengiriman super cepat akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda dan menyenangkan.

Belum lagi dengan berbagai promo menarik yang bisa kamu dapatkan hanya di Sayurbox. Yuk, segera download aplikasinya di Play Store melalui link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sayurbox&hl=en&gl=US. Selamat berbelanja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *