media promosi online gratis

media promosi online gratis

Media promosi online saat ini memegang peranan penting dalam sebuah bisnis. Jika dapat memilih media promosi yang tepat, maka penjualan akan meningkat. Namun jika salah dalam memilih, maka bisnis akan sepi dan sulit untuk ditemukan pelanggan. Diperlukan ketelitian dalam mencari mana media promosi yang sesuai dengan bisnis dan tipe pelanggan Anda.

Media Promosi Online Gratis untuk Bisnis

Jangan pusing jika saat ini Anda juga sedang mencari media promosi yang dapat meningkatkan penjualan, berikut kami berikan rekomendasi media promosi online gratis yang bisa Anda gunakan, seperti:

  1. Instagram

Aplikasi media sosial milik Meta ini nyaris menyentuh 100 juta pengguna di Indonesia. Banyaknya pengguna internet Indonesia yang menggunakan Instagram, membuat aplikasi ini dapat menjangkau 35% penduduk di tanah air.

Apabila bisnis Anda masih dalam tahap berkembang dan memerlukan basis pengguna digital yang besar, Instagram bisa jadi media online yang cocok untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda.

  1. TikTok

Menyaingi media sosial besutan Meta yang sudah sangat terkenal di Indonesia, TikTok kini telah mempunyai pengguna yang hampir setara dengan Instagram, yaitu sekitar 91 persen, dan rata-rata berusia 18 tahun. Jika Anda menargetkan anak muda untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka akan sangat cocok untuk menggunakan TikTok.

Platform berbagi video ini juga sangat mendukung pemilik bisnis dengan adanya fitur TikTok Shop. Kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah keranjang kuning. Anda pun dapat berpromosi secara langsung, baik menggunakan cara gratis maupun berbayar.

  1. YouTube

Layanan berbagi video milik Google ini masih menjadi salah satu yang populer di kalangan pengguna internet tanah air. Selain digunakan untuk mencari hiburan, YouTube juga menjadi media promosi online gratis yang begitu diminati. Ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki bisnis berupa produk dan jasa.

Anda bisa meminta seseorang membuat video rekomendasi atau review produk, kemudian mengunggahnya di YouTube. Anda pun dapat menayangkan video berupa tutorial penggunaan produk yang akan memudahkan pelanggan dalam memakai layanan Anda.

  1. Marketplace

Marketplace saat ini tidak hanya menggunakan iklan untuk membantu penjual mempromosikan produknya. Beberapa marketplace menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang mampu memberikan rekomendasi produk kepada pengguna. Jika produk Anda dirasa sesuai dengan pencarian dan kebutuhan pembeli, maka produk tersebut secara otomatis akan masuk dalam rekomendasi produk. Biasanya akan ditampilkan pada bagian depan aplikasi. Sehingga dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna.

  1. Forum Online

Keberadaan forum online masih sangat diperlukan saat ini. Termasuk dalam mencari rekomendasi produk atau jasa yang dibutuhkan. Sebab ada banyak orang yang dapat memberikan jawaban sesuai pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki.

Apabila ingin membuat bisnis Anda lebih dikenal, Anda dapat bergabung ke berbagai forum online dan mengikuti diskusi yang sesaui dengan bisnis atau produk Anda.

  1. Google Bisnis

Google memberika Anda kemudahan dalam melakukan promosi menggunakan Google Bisnisku. Layanan ini gratis dan langsung terhubung ke sejumlah aplikasi yang dimiliki Google, seperti Gmail dan Maps. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah menghubungi serta menemukan lokasi bisnis Anda.

Tentunya masih ada banyak media promosi online yang dapat Anda gunakan secara gratis. Namun beberapa aplikasi di atas, merupakan layanan dan aplikasi media promosi yang banyak digunakan. Sehingga dapat dipastikan target market Anda juga menggunakan aplikasi tersebut, dan Anda bisa dengan mudah menjangkau mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *